.

Sunday, July 6, 2014

Enam Kebiasaan Keuangan Ini Dapat Bikin Anda Bahagia


Anda bisa mengatur kebiasaan dalam keuangan yang bisa membuat Anda bahagia.
Bahagia di sini artinya, Anda tidak memiliki utang dan tidak direpotkan dengan permasalahan kurang uang. Berapa pun pendapatan yang Anda miliki, kebiasaan keuangan berikut ini bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
1. Ambil langkah untuk mencapai tujuan
Apa yang menjadi tujuan finansial Anda? Apakah itu berupa investasi atau jumlah tabungan, Anda harus bisa menentukan apa yang Anda harapkan dari keuangan Anda. Setelah itu ambil langkah untuk mencapainya. Anda pun harus realistis mengenai tujuan Anda tersebut.
2. Patuh pada bujet
Keuangan Anda sehat jika Anda bisa mematuhi bujet yang telah Anda atur setiap bulannya. Tentukan pengeluaran Anda, baik itu berupa pengeluaran untuk kebutuhan primer maupun sekunder.
3. Bayar kartu kredit tepat waktu
Jaga agar skor kartu kredit Anda tidak selalu berada di batas maksimum dan selalu bayar penuh setiap bulannya. Hal ini mencegah Anda untuk berutang dan terlilit bunga kartu kredit yang tinggi.
4. Siapkan dana darurat
Selalu persiapkan dana darurat untuk hal-hal yang tidak terduga, seperti sakit keras atau kecelakaan. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka asuransi kesehatan atau asuransi jiwa.
5. Temukan kepuasan
Sifat ‘gila belanja’ biasanya muncul karena ada rasa ketidakpuasan. Karena itu temukan kepuasan akan apa yang Anda miliki. Belanjalah sesuai dengan kemampuan Anda dan jangan membanding-bandingkan dengan orang lain, yang mungkin memiliki keuangan berbeda dengan Anda.
6. Kontrol belanja impulsif
Setiap kali Anda ingin belanja, pikir dan pikirkan lagi sebelum akhirnya mengeluarkan uang. Cara ini dilakukan agar Anda bisa mengontrol diri untuk tidak belanja impulsif. (as/kabar24.com)

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2014. Motivasi Kita - All Rights Reserved
Distributed By Blogger Themes
Proudly powered by Blogger